Setelah IPO, Porsche AG Masuk Dengan Cepat ke Dalam Indeks Saham Jerman (DAX)

4 min read

Rodagilas.com, Stuttgart – Porsche AG melihat kembali tahun pertamanya setelah IPO yang sangat dinantikan pada 29 September 2022. “Hari ini, kami dapat mengatakan bahwa IPO kami sukses besar. Ini bagus untuk pelanggan kami, pemegang saham kami, dan juga karyawan kami,” kata Chairman of the Executive Board Oliver Blume. “Dengan kebebasan dan fleksibilitas wirausaha yang lebih besar, kami dapat menentukan prioritas kami sendiri. Kami juga dapat bertindak lebih cepat dan dengan fokus yang lebih besar. Dalam lingkungan global yang dinamis dan penuh tantangan, yang menjadi semakin penting.”

Setelah go public, Porsche membentuk kemitraan individu di bidang perangkat lunak, contohnya dengan Apple dan Mobileye. “Langkah-langkah berorientasi ke depan seperti ini merupakan bagian penting dalam upaya kami untuk terus melebihi harapan pelanggan dengan produk yang diinginkan dan pengalaman Porsche yang tak tertandingi di masa depan,” kata Lutz Meschke, Deputy Chairman of the Executive Board dan Board Member for Finance and IT. “Otonomi membantu kami untuk bergerak lebih cepat dan bahkan menginspirasi pelanggan kami lebih banyak lagi. Hal ini bermanfaat tidak hanya bagi para pemegang saham kami, tetapi juga bagi karyawan kami. Kesuksesan bisnis adalah dasar bagi pekerjaan yang aman dan sangat menarik di Jerman dalam jangka panjang.”

Pada tanggal 29 September 2022, Chairman of the Executive Board Porsche Oliver Blume dan wakilnya Lutz Meschke memukul bel bursa di lantai perdagangan Frankfurt Stock Exchange. Itu adalah IPO terbesar di Eropa berdasarkan kapitalisasi pasar. Hanya tiga bulan kemudian, pada bulan Desember tahun itu, Porsche AG masuk dengan cepat ke dalam indeks saham Jerman (DAX) yang terkemuka. “Masuknya perusahaan dengan cepat merupakan bukti kepercayaan pasar modal yang besar terhadap merek kami, strategi produk dan model bisnis kami,” kata Lutz Meschke.

Porsche telah membayar kepercayaan itu dalam beberapa bulan terakhir: dalam enam bulan pertama tahun 2023, produsen mobil sport ini membukukan kenaikan signifikan dalam pendapatan penjualan Grup, laba operasional Grup, dan pengiriman. “Permintaan untuk mobil sport kami sangat kuat di seluruh dunia,” kata Blume. Seiring kami terus menerapkan strategi kemewahan modern dan sporty, kami secara konsisten berinvestasi dalam portofolio produk, inovasi, dan ekosistem digital kami. Kami ingin membuat produk kami menjadi lebih baik, lebih unik, dan bahkan lebih menarik daripada saat ini. Kami berfokus pada edisi terbatas dan memperluas program Sonderwunsch, di antara prioritas lainnya. Kami percaya bahwa kami berada dalam posisi yang sangat baik untuk masa depan – termasuk dalam topik penting yaitu sustainability.”

Saham Porsche populer di kalangan investor swasta
Target ambisius Porsche adalah agar lebih dari 80 persen dari semua mobil baru yang dikirim ke pelanggan pada tahun 2030 adalah mobil listrik. Mobil sport listrik pertama Porsche, Taycan, berkontribusi dalam hal ini. Selain itu, lini model akan secara bertahap dikonversi ke powertrain listrik baterai mulai tahun 2024 dan seterusnya. Macan all-electric dijadwalkan akan dikirim ke pelanggan pada tahun 2024. 718 serba listrik direncanakan untuk pertengahan dekade ini. Cayenne all-electric diharapkan akan segera diluncurkan ke dealer. Porsche juga berencana untuk memperluas portofolio produknya ke atas dengan sebuah SUV listrik yang diposisikan di atas Cayenne.

Struktur pemegang saham Porsche AG tetap berbasis global dan stabil. Lutz Meschke: “Kami sangat senang dengan minat yang besar dari para pemegang saham swasta. Banyak dari mereka yang tidak memiliki Porsche, tetapi sekarang dapat menjadi anggota keluarga Porsche sebagai pemegang saham. Dengan go public, kami telah membuat Porsche menjadi lebih nyata.”

Pasar keuangan di seluruh dunia telah berada di bawah tekanan dalam beberapa minggu terakhir. Salah satu alasannya adalah meningkatnya ketidakpastian mengenai kemungkinan tindakan yang akan diambil oleh bank-bank sentral. Pada saat yang sama, perkembangan di Tiongkok juga diikuti dengan penuh kekhawatiran. Hal ini juga mempengaruhi harga saham PAG911.

Terlepas dari situasi ekonomi makro yang masih sangat menantang, Porsche telah mengkonfirmasi perkiraannya untuk tahun keuangan saat ini dan tahun-tahun keuangan berikutnya: jika situasi ekonomi dan pasokan global tidak memburuk secara signifikan, Porsche mengharapkan laba operasi Grup atas penjualan di kisaran 17 hingga 19 persen pada akhir tahun fiskal 2023. Perkiraan ini didasarkan pada asumsi pendapatan penjualan di kisaran 40 hingga 42 miliar euro. Dalam jangka panjang, produsen mobil sport ini menargetkan laba operasional Grup atas penjualan lebih dari 20 persen.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply