Frauscher x Porsche 850 Fantom Air Hadir Dengan Teknologi Power Train

6 min read

Rodagilas.com, Stuttgart/Gargnano. Media internasional dan pihak-pihak yang berkepentingan berkesempatan untuk menguji Frauscher x Porsche 850 Fantom Air yang baru di Italia untuk pertama kalinya. Dilengkapi dengan teknologi powertrain dari Porsche Macan listrik yang akan datang, kapal sport listrik ini menawarkan karakteristik penanganan yang luar biasa. “Perahu ini merupakan hasil kolaborasi hebat antara dua perusahaan yang bersemangat dengan tradisi yang kuat dan standar inovasi yang tinggi,” kata Detlev von Platen, Anggota Dewan Manajemen untuk Penjualan dan Pemasaran di Porsche AG, saat presentasi model produksi pertama di Danau Garda. “eFantom menawarkan semua yang selalu dijanjikan oleh produk Frauscher dan Porsche: performa luar biasa dan pengalaman mewah, kualitas tertinggi, dan desain eksklusif yang tak lekang oleh waktu.”

E- Performance yang bertenaga dan empat mode untuk segala situasi berkendara
Porsche telah mengadaptasi dan mengembangkan lebih lanjut teknologi penggeraknya yang dirancang untuk kendaraan jalan raya untuk digunakan di atas air. Frauscher x Porsche 850 Fantom Air menggunakan komponen Premium Platform Electric (PPE) yang menjadi dasar dari Macan baru. Ini termasuk motor listrik sinkron (PSM) yang tereksitasi secara permanen dan canggih, yang daya puncaknya untuk digunakan di eFantom telah dibatasi hingga 400 kW, dan elektronika daya yang terkait. Sebuah poros mentransmisikan daya dari motor listrik ke penggerak Z laut yang khas. Motor listrik berada di bagian belakang kapal sementara kontrolnya ditempatkan di dalam kotak kedap air yang dihiasi logo Porsche. Baterai lithium-ion dengan kapasitas gross 100 kWh, yang juga diadopsi dari Macan, juga terletak di bawah area lounge di bagian belakang. Untuk suspensi pada rangka penyangga, para ahli di Porsche memilih dudukan tali kawat, yang sangat baik dalam menyerap guncangan yang pasti terjadi saat mengemudi dengan cepat dan bergelombang. Frauscher x Porsche eFantom meluncur dengan nyaman di atas air meskipun orientasi keseluruhannya sporty.

Mirip dengan kendaraan di jalan raya dari Porsche, mode mengemudi yang telah diprogram sebelumnya dapat digunakan untuk memilih karakteristik berkendara yang sesuai tergantung pada situasinya. eFantom menawarkan pengaturan Docking, Range, Sport dan Sport Plus. Mode-mode tersebut mengubah kurva karakteristik respons throttle sekaligus menampilkan batas kecepatan yang berbeda. Sebagai contoh, dalam mode Docking untuk mengemudi di pelabuhan, kecepatan dibatasi hingga delapan knot (setara dengan 15 km/jam).

Kecepatan pelayaran optimal adalah 41 km/jam (22 kn). Pada kecepatan ini, satu kali pengisian daya baterai dapat digunakan untuk berlayar sekitar satu jam atau sekitar 45 kilometer. Saat berkendara dengan kecepatan laju, jarak tempuh lebih dari 100 kilometer dapat dicapai. Kecepatan tertinggi dicapai dalam mode Sport Plus dan dibatasi pada 85 km/jam (46 kn). Perjalanan pelanggan yang khas dengan campuran perjalanan lambat dan kecepatan tinggi memungkinkan waktu perjalanan dua hingga tiga jam, tergantung pada profil mengemudi. “Kapal ini merupakan tonggak sejarah yang nyata dalam industri ini. Versi elektrik Fantom Air lebih baik daripada versi dengan mesin pembakaran internal dalam semua karakteristik mengemudi, seperti kecepatan tertinggi, akselerasi, dan penanganan – dan pada saat yang sama bebas emisi lokal,” kata Stefan Frauscher, Direktur Pelaksana Galangan Kapal Frauscher.

Kapasitas pengisian daya memungkinkan lebih dari 250 kW
Berkat teknologi 800 volt dari Porsche, kapal listrik ini dapat diisi dengan lebih dari 250 kW arus DC di stasiun pengisian cepat DC. Dalam kondisi ideal, baterai dapat diisi dari kondisi pengisian daya (SoC) 10 persen hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit. Pengisian daya AC pada soket rumah tangga konvensional dan soket tegangan tinggi juga dimungkinkan dan, menurut para ahli Frauscher dan Porsche, akan menjadi kasus penggunaan yang paling umum karena infrastrukturnya tersedia di sebagian besar port. Ada juga pengisi daya AC 11-kW sebagai standar. Port pengisian daya terletak di sisi depan bangku kiri.

Karakteristik desain Porsche
Perahu sport listrik ini tidak hanya didukung oleh Porsche. Studio F. A, namun Porsche juga bertanggung jawab atas desain helmstand. Panel instrumen hitam mengkilap berada di belakang kaca depan kaca akrilik tanpa bingkai. Ujung sampingnya dirancang sebagai winglet – secara gaya mirip dengan 911 dan pada saat yang sama merupakan pegangan yang praktis. Lima pengukur analog di tingkat atas panel instrumen menegaskan tampilan mobil sport dan memberikan gambaran umum tentang data yang paling penting. Di dalamnya terdapat setir khas Porsche yang dirancang dengan bahan yang sesuai dengan lingkungan maritim. Pelek berbalut kulit buatan lebih tahan terhadap air asin. Dalam gaya klasik Porsche, tombol start berada di sebelah kiri kemudi. Dua kursi depan telah dirancang oleh tim di Studio F. A. Porsche. Sesuai dengan E-Performance yang tinggi, kursi ini menawarkan banyak penyangga lateral. Dengan sandaran punggung yang ditinggikan, sandaran kepala yang menyatu, dan lambang bordir, tampilannya terinspirasi oleh kursi sport pada road vehicles.

Daycruiser dengan perlengkapan standar yang lengkap
Frauscher x Porsche 850 Fantom Air didasarkan pada kapal pesiar harian Frauscher 858 Fantom Air. Kapal ini mempertahankan ukuran panjang 8,67 meter dan lebar 2,49 meter yang hampir tidak berubah pada bagian luarnya, sehingga dapat menampung hingga sembilan penumpang. Platform renang di bagian belakang mengarah ke area lounge yang luas dengan dua tempat berjemur yang nyaman. Sebuah lorong tengah menghubungkan bagian belakang kapal dengan kemudi yang berdiri sendiri dan kokpit. Dua bangku berlapis kain di bagian depan sama-sama menarik untuk bersantai. Kursi-kursi tersebut dilapisi dengan kulit buatan yang tahan lama. Pelanggan dapat mengkonfigurasi perahu mereka secara individual dari berbagai macam warna.

eFantom juga dilengkapi dengan dua bimini lipat yang memberikan keteduhan di hari yang cerah. Sistem audio kelas atas dengan konektivitas bluetooth dan WiFi juga menjadi standar. Sistem ini dapat dioperasikan melalui layar multi-informasi berukuran 12 inci. Sebuah echo sounder dan plotter grafik dipadukan ke dalam konsep tampilan. Sebuah penggerak kemudi menyederhanakan proses penambatan dan pelepasan. Jangkar ini menjadi standar bersama dengan jangkar baja tahan karat elektrik dengan rantai baja tahan karat, pencahayaan sekitar LED, pencahayaan bawah air LED, dan kompartemen pendingin. Seperti halnya tidak ada dua model jalan Porsche yang sama, individualitas juga sangat diminati untuk kapal. Kursi jok dapat dipesan dalam berbagai warna, begitu juga dengan lambung dan dek. Seluruh palet warna yang ditawarkan Porsche untuk kendaraan jalan raya tersedia untuk tujuan ini.

Edisi Pertama dari 25 kapal dapat dipesan sekarang
Frauscher x Porsche 850 Fantom Air akan merayakan peluncuran perdana di dunia pada Januari 2024 di pameran dagang “boot” di Düsseldorf. Rencana awal adalah untuk edisi pertama eksklusif sebanyak 25 unit, yang dapat dipesan dari Frauscher mulai dari € 561.700 net dan akan dikirim ke pelanggan pertama mulai tahun 2024. Peminat dapat mendaftar di www.frauscherxporsche.com. Kapal ini akan dibuat di galangan kapal Frauscher di Ohlsdorf, Austria. Frauscher juga akan menangani logistik penjualan dan manajemen purna jual.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply