FIFGROUP Terapkan ESG Sebagai Langkah Go Green di Muka Bumi

Rodagilas.com, Jakarta – Sudah menjadi tugas kita bersama-sama untuk menjaga kelestarian bumi yang akan menjadi tempat tinggal untuk anak cucu kita di masa yang akan datang. Peduli terhadap lingkungan, membudayakan hidup yang saling peduli satu sama lain, serta saling bahu- membahu dalam mendukung berbagai program keberlanjutan merupakan hal fundamental dalam menjaga keberlangsungan ekosistem kehidupan.

PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial menyadari pentingnya nilai-nilai keberlanjutan melalui implementasi Environment, Social, and Governance (ESG) sebagai salah satu langkah untuk menjaga keberlangsungan kehidupan di muka bumi.

Langkah ini turut FIFGROUP lakukan sebagai bagian dari kepatuhan perusahaan terhadap Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, menyatakan perusahaan ini sebagai bagian dari Grup Astra turut berkomitmen dalam memberikan dampak positif kepada lingkungan dan sosial di samping menjaga pertumbuhan kinerja perusahaan agar terus bertumbuh.

“Perseroan terus mengedepankan pertumbuhan berkelanjutan dengan berupaya untuk terus berinovasi pada seluruh proses bisnis perusahaan. Tentu menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk mengedepankan bisnis yang memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial dengan mengedepankan nilai-nilai keberlanjutan melalui implementasi ESG,” tutur Margono.

Esther Sri Harjati selaku Human Capital, General Support, Corporate Communication, Environment, Health, Safety, Social Responsibility (EHSSR) and Sustainability Director FIFGROUP juga menjelaskan komitmen perusahaan terhadap nilai-nilai keberlanjutan diwujudkan melalui FIFGROUP 2030 Sustainability Aspirations.

“Aspirasi ini disusun sejalan dan berpedoman dengan Aspirasi Astra sebagai induk perusahaan
FIFGROUP, sehingga untuk mewujudkan hal tersebut kami merumuskan strategi Triple-P, yaitu
Portfolio, People, dan Public Contribution yang digunakan sebagai landasan dalam setiap
inisiatif yang kami lakukan,” kata Esther.

Di dalam aspek portfolio pada strategi Triple-P tersebut, berkomitmen dalam
transisi hijau baik dari sisi bisnis maupun operasional. Di tahun 2023 ini, portfolio pembiayaan
berkelanjutan FIFGROUP telah mencakup pembiayaan solar panel, motor listrik, sepeda listrik, pembiayaan produktif usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta keringanan pembiayaan bagi sahabat disabilitas.

Sementara pada portfolio operasional, terdapat 4 aspirasi utama yang menjadi prioritas FIFGROUP dalam memberikan dampak keberlanjutan, seperti aspirasi Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada operasional bisnis perusahaan dengan target pengurangan sebesar 10,75% di tahun 2023. Pada aspirasi tersebut, hingga Kuartal-III 2023, FIFGROUP telah berhasil mengurangi 12,7% emisi GRK yang dilakukan melalui pemasangan solar panel di 10 kantor cabang pada tahun 2023 yang menambah pemasangan solar panel menjadi 18 kantor Cabang.

Tidak hanya itu, perusahaan juga mendorong optimalisasi lampu Light Emitting Diode (LED) yang dipasang di seluruh jaringan kantor cabang serta meningkatkan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan seperti Biodiesel jenis B30.

Partisipasi FIFGROUP dalam mendukung peningkatan sumber energi baru terbarukan (EBT) juga dilakukan dengan turut berkontribusi dalam pembelian Renewable Energy Certificate (REC). REC sendiri merupakan instrumen berbasis pasar yang mewakili hak kepemilikan atas energi yang dihasilkan dari sumber EBT.

Inisiatif yang ada pada aspirasi pengurangan emisi GRK tersebut juga mendorong pencapaian aspirasi peningkatan bauran EBT di lingkungan perusahaan dengan tingkat bauran yang telah mencapai 5,02% hingga Kuartal-III 2023. Angka ini telah melampaui target yang telah ditetapkan oleh FIFGROUP, yaitu 4,83%.

Aspirasi berikutnya adalah mengurangi jumlah intensitas penggunaan air pada operasional bisnis perusahaan. Pada aspirasi ini, perusahaan terus menggencarkan program kampanye Bijak Menggunakan Air, meningkatkan penggunaan keran otomatis, serta melakukan recycle terhadap air yang sudah digunakan. Melalui aspirasi ini, telah berhasil melakukan pengurangan intensitas penggunaan air sebesar 5,62% dan berhasil melampau target yang telah ditetapkan, yaitu pengurangan intensitas air sebesar 4,5%.

Aspirasi keempat pada strategi portfolio adalah dengan meningkatkan pengolahan limbah terolah ditargetkan pengolah sebesar 28,13% pada tahun 2023. Pada aspirasi ini, FIFGROUP telah berhasil melakukan pengolahan limbah terolah sebanyak 34,9% hingga Kuartal-III 2023.

Inisiatif yang dilakukan di antaranya adalah dengan meningkatkan kerja sama dengan Bank Sampah untuk penyaluran limbah botol plastik di 92 titik kantor jaringan FIFGROUP, mengadakan pengolahan limbah botol plastik melalui program Bijak Plastik, hingga meningkatkan awareness karyawan dengan kampanye Ayo Kurangi Sampah Indonesia (A.K.S.I) dan #MulaiDariKita.

Selanjutnya dalam strategi People, FIFGROUP turut menyelenggarakan berbagai program sebagai upaya dalam mewujudkan aspirasi dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan sehat. Pada strategi ini, perusahaan menetapkan target ambang batas angka kecelakaan dan kematian yang diukur berdasarkan Lost Time Injury (LTI) Rate di angka 0,48.

Untuk menjaga keselamatan kerja karyawan tersebut, perusahaan tengah menggencarkan program Safety Riding di seluruh jaringan perusahaan dengan melakukan inspeksi ketaatan berlalu lintas. Tidak hanya itu, perusahaan terus mengoptimalkan pengadaan sarana tanggap darurat dan keselamatan gedung, penyediaan work equipment (WEQ) yang mendukung keamanan karyawan lapangan , hingga pelaksanaan simulasi kesiapsiagaan dan tanggap darurat (KTD), pelatihan pertolongan pertama yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum (RSU) Hermina Depok.

Sebagai bagian dari pencegahan, secara masif perusahaan juga melakukan Medical Check Up (MCU) untuk karyawan perusahaan dengan menyelenggarakan program FIFGROUP Employee Care. Terakhir pada strategi People, FIFGROUP berinisiatif menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif serta mengedepankan kesempatan yang sama dalam menjunjung kesetaraan melalui program rekrutmen untuk karyawan disabilitas.

FIFGROUP juga turut memberikan aksesibilitas fisik dan teknologi yang memadai, melibatkan karyawan disabilitas pada beberapa kegiatan yang ada di kantor pusat maupun cabang, tanpa adanya diskriminasi melalui salah satu program bernama FIFriendibility. Melalui program tersebut, FIFGROUP telah berhasil memberikan kesempatan kepada 134 sahabat disabilitas yang tersebar baik di kantor pusat maupun cabang FIFGROUP di seluruh Indonesia dengan target sahabat disabilitas yang akan dicapai untuk bekerja di perusahaan sebanyak 247 orang.

Terakhir pada aspek Public Contribution, FIFGROUP juga terus mendorong berbagai aspirasi program Corporate Social Responsibility (tanggung jawab sosial perusahaan) guna meningkatkan keberdampakan bisnis perusahaan kepada masyarakat.

Seluruh program tersebut terangkum menjadi 4 pilar, yakni pilar FIFGROUP Sehat, FIFGROUP Pintar, FIFGROUP Sejahtera, dan pilar FIFGROUP Lestari. Pada pilar FIFGROUP Sehat terdapat sejumlah program yang diinisiasi oleh perusahaan, seperti program Donor Darah yang telah berhasil mengumpulkan 13.264 kantong darah hingga Kuartal-III 2023.

Selain itu, sebagai bagian dari dukungan perusahaan terhadap program pemerintah FIFGROUP juga melaksanakan program kepedulian terhadap isu tengkes atau stunting di Indonesia. Melalui program tersebut, FIFGROUP telah berhasil melaksanakan program yang dirasakan oleh 143 anak dan 143 ibu baik program tersebut bersifat preventif maupun kuratif.

Melalui pilar ini juga, FIFGROUP telah berhasil meningkatkan kebermanfaatan melalui program Posyandu yang telah dirasakan oleh 1.129 penerima manfaat. Pada pilar FIFGROUP Pintar, guna mendorong pertumbuhan tingkat edukasi dan literasi di masyarakat, FIFGROUP tengah menggencarkan program Jam Sosial Mengajar dengan jumlah penerima manfaat sampai dengan Kuartal-III 2023 sebesar 2.055 siswa. Angka ini telah berhasil melampaui target yang telah ditetapkan sebesar 223%.

Tidak hanya untuk siswa, pada pilar ini FIFGROUP juga menargetkan melakukan pelatihan dan peningkatan kompetensi guru dan hingga Kuartal-III 2023, FIFGROUP telah berhasil menyalurkan program tersebut kepada 4.324 guru. Angka ini diproyeksikan akan terus bertambah, di mana hingga akhir tahun 2023 FIFGROUP menargetkan jumlah penerima manfaat pada program ini sebesar 4.400 guru.

Pada pilar FIFGROUP Sejahtera, perusahaan berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Melalui program Dana Bergulir FIFGROUP, sebanyak 600 UMKM menjadi penerima manfaat pada program yang diselenggarakan tersebut. Melalui program dana bergulir tersebut, total UMKM yang terdampak sebagai penerima kebermanfaatan adalah sebanyak 1.403 pelaku UMKM dengan dana yang digulirkan total sebanyak Rp4,3 miliar.

Tidak hanya dalam bentuk bantuan modal usaha tanpa bunga, melalui pilar ini juga FIFGROUP
berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM melalui program pelatihan dan workshop yang
diharapkan dapat memicu pertumbuhan UMKM secara pengetahuannya.

Adapun di tahun 2023 ini diselenggarakan juga program pendukung baru bagi UMKM binaan FIFGROUP yakni FIFestival, acara bazaar UMKM binaan yang bertujuan untuk memperluas pasar dan meningkatkan motivasi bersaing UMKM, dengan hasil program memperoleh total omzet hingga Rp80,6 juta bagi 15 UMKM binaan yang terlibat.

Pada pilar FIFGROUP Lestari, perusahaanyang turut mendorong pelestarian lingkungan juga telah berhasil melakukan penanaman 19.934 pohon dan mangrove sepanjang Januari – September 2023 dan akan diproyeksikan melebihi target yang sudah ditetapkan, yakni sebanyak 34.000 pohon.

Selain itu, untuk mencegah kejadian Malaria dan Demam Berdarah di sejumlah daerah, juga turut melakukan kegiatan Fogging Gratis di mana program ini telah berdampak kepada 1.679 rumah tangga di sejumlah titik di Indonesia. Untuk mendorong penggunaan air bersih di masyarakat juga turut melakukan instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal (IPAL) di beberapa titik.

Tidak hanya itu, pada FIFGROUP Peduli, perusahaan juga terus menggencarkan penyaluran bantuan sosial yang diperuntukan masyarakat. Seluruh inisiatif tersebut selanjutnya digaungkan melalui aksi dengan tagline #CARE yang merupakan akronim dari Create Action, Rescue Earth.

Melalui tagline tersebut perseroan membaginya menjadi tiga aksi, yaitu #CAREforGreenLiving,

CAREforWaste, dan #CAREforPeople. Kampanye ini ditujukan sebagai bagian dari

FIFGROUP dalam menggaungkan seluruh inisiatif keberlanjutan yang dilakukan perusahaan. Untuk #CAREforWaste, mendorong karyawannya untuk turut berpartisipasi dengan bijak dalam menggunakan air, mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, hingga penggunaan botol plastik di area kantor.

Melalui #CAREfoPeople, FIFGROUP berinisiatif menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif melalui program rekrutmen untuk pegawai disabilitas dan juga program inspeksi safety riding yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dalam berkendara yang aman.

Untuk program #CAREforGreenLiving, FIFGROUP berinisiatif menciptakan kehidupan yang berkelanjutan dan mengatasi perubahan iklim, salah satunya melalui program yang mendorong karyawan untuk mengurangi jejak karbon dengan menghemat penggunaan listrik khususnya Air Conditioner (AC) sebagai salah satu penyebab penggunaan listrik berlebihan.

Melalui seluruh inisiatif baik tersebut, diharapkan dapat mendorong pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs) di Indonesia dan misi FIFGROUP “Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat” dapat terwujud seiring dengan usaha perusahaan dalam bertumbuh meningkatkan kinerjanya.

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply