Foton Pamer 3 Model Kendaraan EV Sekaligus di GIICOMVEC 2024

2 min read

Rodagilas.com, Jakarta – Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 merupakan platform Business to Business (B2B) untuk mempermudah antara konsumen dengan para distributor dan APM untuk bertransasksi, dan acara ini juga di manfaatkan oleh para APM untuk melakukkan promosi, serta peluncuran produk barunya seperti yang di lakukan oleh Foton, yang mana model yang di luncurkan bermain di segmen elektrifikasi dan tak tanggung-tanggung 3 (tiga) produk sekaligus, seperti eTruckmate, eAumark dan eView untuk kebutuhan angkut barang maupun penumpang. (7/3)

Foton merupakan perusahaan kendaraan komersial asal Negeri Bambu, yang mana pada tahun ini tepatnya di bulan Januari 2024 telah menandatangani kerjasama dengan PT Indomobil Global Transportasi sebagai anak perushaan Indomobil Group yang merakit dan distributor Foton di Indonesia.

Adapun model pertama yaitu eTruckmate merupakan kendaraan komersial ringan pengangkut barang. Dengan kemampuan angkut mencapai 1.020 kg. Punya dimensi panjang 4.670 mm, lebar 1.590 mm dan tinggi 1.860 mm. Sementara ukuran kargo 3.050 mm x 1.560 mm x 360/1.570 mm (PxLxT). Di balik bodi tertanam motor listrik berkemampuan 60 kW dengan torsi tertinggi 220 Nm. Ia disuplai baterai jenis LFP (lithium ferro phosphate) berkapasitas 38,64 kWh yang mendukung pengisian DC. Catu daya pun mengizinkan unit memiliki kemampuan jelajah mencapai 220 km.

Sementara eView merupakan pengangkut penumpang dengan daya angkut hingga 16 penumpang. Ia disetel dimensi panjangnya 5.320 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 2.280 mm. Ia dilengkapi generator berkemampuan 85 kW dan momen puntir 290 Nm. Ukuran baterainya lebih besar dari eTruckmate mencapai 50,23 kWh jenis LFP yang juga buatan CATL. Konfigurasi tersebut membuatnya dapat melaju sejauh 235 km.

Terakhir adalah truk eAumark sebagai light duty truck. Foton menawarkannya dengan spesifikasi mumpuni. Motor listriknya punya kemampuan 130 kW dengan torsi 1.200 Nm. Setingan ini mampu menunjang mobilitas dalam mengangkut barang banyak dan berat. Baterainya pakai jenis yang sama dengan dua model di atas dengan kapasitas besar mencapai 81,14 kW. Klaimnya mampu membawa kendaraan sejauh 167 km.

Unit-unit tersebut disodorkan dengan jaminan yang memberikan kenyamanan bagi konsumen. Untuk eTruckmate mendapat warranty 2 tahun atau 50 ribu km, lalu garansi eView dan eAumark selama 3 tahun atau 100 ribu km.

Komitmen Foton terhadap pasar otomotif Indonesia cukup tinggi, khususnya untuk kendaraan berbasis baterai atau elektrifikasi. Hal ini dibuktikan dengan telah dilakukannya beberapa strategi bisnis untuk meningkatkan kapasitas produksi, kualitas produk dan layanan purna jual. Bersama Indomobil akan segera dilakukan produksi CKD (Completely Knocked Down). (HFD/TOM)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply