IONIQ 5 N Riah Worl Performance Car 2024, Buktikan Mobil Dengan Performa Tinggi

Rodagilas.com, Jakarta, 10 Juni 2024 –  Setelah diluncurkan secara global pada tahun 2023, Hyundai IONIQ 5 N berhasil membuktikan performa unggulnya dengan meraih penghargaan World Performance Car 2024 di ajang World Car Awards. Penghargaan ini menandai prestasi signifikan bagi Hyundai dan memperkuat posisi mereka sebagai salah satu produsen kendaraan listrik terkemuka di dunia.

Hyundai IONIQ 5 N memenangkan penghargaan World Performance Car 2024 merupakan bukti nyata dari kemampuan Hyundai dalam menghasilkan kendaraan listrik berkualitas tinggi yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga memiliki performa luar biasa. Prestasi ini menandai langkah maju yang signifikan bagi Hyundai dalam industri otomotif global dan menempatkan mereka sebagai pemimpin dalam inovasi kendaraan listrik.

Performa Hyundai IONIQ 5 N sendiri telah diuji di berbagai jenis trek lintasan balap pada HMG Driving Experience Center Taean, yang merupakan fasilitas driving experience dan brand experience terbesar di Korea Selatan. Fasilitas ini menawarkan proving ground yang mencakup delapan jenis lintasan yang mencakup Braking Course, Dry Handling Circuit, Wet Handling Circuit, High Speed Oval, Vehicle Dynamics Area, Wet Circular Course, Kick Plate Course, dan Off-road Courses. Setiap lintasan dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengemudi dalam berbagai gaya berkendara dan manuver, mulai dari slalomdriftcornering, hingga situasi darurat dan kondisi ekstrem.

IONIQ 5 N sebagai high-performance car di era elektrifikasi

Diciptakan sebagai opsi terbaru bagi para penggemar mobil performa tinggi, IONIQ 5 N menjadi langkah Hyundai untuk membawa pengalaman berkendara electric vehicle (EV) ke level yang lebih tinggi. Mobil ini mengusung konsep revolusioner elektrifikasi sambil tetap mempertahankan sensasi berkendara yang dinamis dan memikat. IONIQ 5 N dirancang dengan rangkaian fitur teknologi terbaru, termasuk teknologi baterai terkini yang memberikan jarak tempuh lebih jauh dan proses pengisian yang cepat, sistem regenerative braking untuk meningkatkan efisiensi, serta opsi konektivitas generasi terbaru  yang memungkinkan integrasi yang seamless dengan gaya hidup digital masa kini. 

IONIQ 5 N mengintegrasikan platform Electric Global Module Platform (E-GMP) dengan teknologi motorsport dari Hyundai N Brand. Model ini juga memanfaatkan hasil dari pengujian kendaraan Hyundai N yang dikenal sebagai ‘Rolling Labs’ (termasuk RM20e, RN22e, dan N Vision 74) untuk mengoptimalkan kinerja IONIQ 5 N sebagai kendaraan listrik high-performance. Dengan kombinasi kedua teknologi tersebut, IONIQ 5 N dapat mencapai daya puncak hingga 650 PS dan torsi maksimum sebesar 770 Nm (ketika N Grin Boost diaktifkan), memberikan pengalaman berkendara yang lebih kuat dan responsif.

Di samping itu, IONIQ 5 N dilengkapi dengan baterai terbaru berkapasitas 84.0 kWh yang menggunakan dual motor listrik yang mampu beroperasi hingga 21.000 RPM. Keberadaan teknologi inovatif ini memungkinkan IONIQ 5 N untuk menghasilkan output sebesar 448 kW/609 PS dan torsi 740 Nm (atau 478 kW/650 PS dan 770 Nm dengan N Grin Boost diaktifkan), menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih menantang dan dinamis. Mobil berpenggerak AWD (All Wheel Drive) ini dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 260 km/jam dan mempercepat dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,5 detik (3,4 detik dengan N Grin Boost aktif), menjadikannya sebuah mobil performa tinggi sekelas kendaraan bermesin konvensional.

Serupa dengan kendaraan-kendaraan dalam lini Hyundai N Brand, IONIQ 5 N juga mengusung tiga pilar andalan Hyundai N Brand, yakni:

  • ‘Corner Rascal’ yang menghadirkan kelincahan dan responsivitas kendaraan Hyundai N Brand dalam  menikmati lintasan menikung.
  • ‘Racetrack Capability’ yang menitikberatkan pada daya tahan dan performa kendaraan Hyundai N Brand yang telah teruji di trek balap.
  • ‘Everyday Sportscar’ yang menawarkan kombinasi unik antara kenyamanan sehari-hari dan pengalaman fun to drive dari mobil sport.

Berkendara di trek high speed oval makin optimal dengan N Launch Control dan N Grin Boost

Mengemudi di lintasan high speed oval di HMG Driving Experience Center Taean memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para peserta. Di sini, fitur N Launch Control menjadi kunci utama untuk memastikan pengemudi dapat memulai dengan kecepatan maksimum dari posisi diam, sehingga mereka dapat memulai perlombaan atau putaran dengan performa optimal. Hal ini sangat krusial di lintasan high speed oval, di mana setiap detik dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam hasil lomba.

Selain itu, kehadiran N Grin Boost juga memberikan tambahan keseruan dalam pengalaman berkendara di lintasan high speed oval. Dengan memberikan dorongan tambahan selama 10 detik, N Grin Boost memberikan pengemudi keunggulan yang diperlukan untuk merespons situasi cepat di trek atau bahkan meningkatkan sensasi kesenangan saat berkendara. Fitur ini tidak hanya berfokus pada meningkatkan akselerasi, tetapi juga memberikan pengemudi kontrol ekstra dan meningkatkan kepercayaan diri mereka saat bersaing di lintasan yang menantang. 

Kombinasi kedua fitur ini memastikan bahwa pengemudi memiliki kendali penuh atas kendaraan mereka di lintasan. Dengan demikian, pengemudi dapat memaksimalkan performa dan responsivitas, memungkinkan mereka menghadapi tantangan di lintasan dengan percaya diri dan efisiensi yang tinggi. 

Aksi drift di lintasan slalom makin mudah dengan N Drift Optimizer dan Torque Kick Drift

Menguasai seni drifting di lintasan slalom membutuhkan keterampilan dan kendali yang presisi. Namun, Hyundai IONIQ 5 N membawa pengalaman ini ke tingkat berikutnya dengan fitur canggihnya yang disebut N Drift Optimizer. Fitur ini tidak hanya memberikan kemampuan untuk mempertahankan kendali yang stabil saat mobil dalam kondisi oversteer, tetapi juga memberikan pengemudi kepercayaan diri untuk mengeksploitasi batas-batas kemampuan mobil dalam manuver yang ekstrem.

Teknologi pintar di balik fitur ini secara otomatis menyesuaikan respons gas, distribusi torsi, dan stabilitas mobil, sehingga pengemudi dapat fokus pada teknik mengemudi mereka tanpa harus terlalu khawatir tentang kehilangan kendali. Fitur ini juga dilengkapi dengan Torque Kick Drift yang memungkinkan clutch kick action layaknya kendaraan rear-wheel-drive internal combustion engine (ICE), sehingga bisa mendapatkan inisiasi drift yang cepat.

Memaksimalkan fitur N e-Shift, N race, N Pedal, N Active Sound, dan N Torque Distribution di lintasan Circuit Driving

Selain berkendara di lintasan slalom dan high speed oval, para peserta juga diajak berkendara di lintasan Circuit Driving. Di lintasan ini, Hyundai mendemonstrasikan penggunaan fitur N e-Shift, N race, N Pedal, N Active Sound, dan N Torque Distribution untuk sensasi berkendara listrik yang berbeda, sesuai dengan konsep “Never Just Drive” dengan pengalaman yang fun to drive dari Hyundai N Brand.

Fitur N e-shift mensimulasikan transmisi dual clutch (DCT) delapan percepatan, mengatur torsi motor, serta meniru sensasi pergantian gigi layaknya mobil ICE dengan transmisi manual. Pengemudi juga dapat menggunakan fitur N Pedal untuk respons berkendara yang cepat dan meningkatkan sensitivitas throttle, kelincahan, dan kemampuan kendaraan dalam menaklukkan setiap tikungan. 

Adapula fitur N Race yang memungkinkan pengemudi untuk memilih antara mode “Endurance” dan “Sprint” untuk mengoptimalkan performa kendaraan sesuai kebutuhan. Hyundai juga menghadirkan fitur N Active Sound untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih imersif dengan menghasilkan suara futuristik kendaraan listrik yang menarik. Terakhir, N Torque Distribution meningkatkan stabilitas dan manuverabilitas kendaraan di setiap tikungan, memberikan pengemudi kendali yang lebih baik atas mobil mereka di lintasan Circuit Driving.

Selain mendapat kesempatan untuk menikmati sensasi berkendara dengan IONIQ 5 N, peserta juga diajak untuk menjelajahi pengalaman berkendara high-performance car dari lini Hyundai N, termasuk Elantra N yang meraih gelar “Best Sports Performance Car” di Kanada pada tahun 2023. Selain itu, mereka juga berkesempatan merasakan sensasi taxi drive dengan menggunakan kendaraan warisan Hyundai, seperti Grandeur, Scoupe, Pony, dan Galloper.