Sisi Lain Wanita Super, Tak Hanya Jago Masak Namun Jago Ngoprek Motor Juga Di Bengkel Motor Honda Ahass

3 min read

Rodagilas.com, Jakarta, — Seorang Ibu adalah tiang dari sebuah Rumah Tangga dan Madrasah awal bagi seorang anak dan Ibu adalah pahlawan bagi sebuah keluarga yang jasanya tidak dapat di balas sedikitpun, Ia melahirkan seorang anak dengan mengorbankan nyawanya, oleh karena itu setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu di Indonesia sebagai tanda apresiasi kita kepada seorang wanita yang di sebut Ibu.

Hari Ibu di Indonesia menjadi momentum untuk meresapi peran wanita Indonesia di berbagai sektor yang turut menggerakkan perekonomian bangsa.

Di sektor otomotif yang didominasi oleh kaum Adam, ada pula kiprah sejumlah wanita yang tak bisa dipandang sebelah mata. Lebih spesifik, wanita yang bekerja di jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Dua sosok yang cukup layak menjadi role model wanita hebat di bengkel AHASS adalah Siti Fatimah dan Gea April Yuliyana. Seperti apa perjalanan karier mereka di bengkel AHASS?

Lika-liku perjuangan
Siti Fatimah adalah seorang Kepala Bengkel AHASS Lumintu Motor 17633 dan Person in Charge (PIC) AHASS Mantab Sejahtera Cibubur 01694.

Perjalanan karier Mpo Siti, sapaan akrabnya, hingga menjadi Kepala Bengkel penuh lika-liku. Ia mulai bekerja di bengkel AHASS sejak tahun 2003 sebagai mekanik.

“Sebelum bekerja di AHASS, saya menjadi mekanik di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),” ungkap wanita kelahiran Bogor, 6 Juli 1985 ini.

Mpo Siti mengakui, bekerja di lingkungan kerja yang lekat dengan pria adalah tantangan besar.

“Sebuah tantangan besar yang memaksa kita untuk menyesuaikan. Sebagai wanita, saya harus kuat dan tangguh,” ujarnya.

Tekad kuat Siti tak sekadar di ujung lidah. Namun, ia membuktikannya melalui etos kerja yang baik.

“Tekanan kerja, baik verbal maupun nonverbal, dari sesama rekan kerja pernah saya alami. Tapi, saya mencoba melihatnya dari sudut pandang lain, yakni kita harus bisa menyesuaikan diri dengan baik dengan customer ataupun tim,” cerita wanita yang juga memiliki bengkel sendiri di kawasan Tangerang Selatan ini.

“Satu kebanggaan saya sebagai seorang wanita, saya bisa menjadi role model dan bermanfaat bagi keluarga serta orang sekitar. Semoga bisa memotivasi wanita yang lainnya bahwa ibu rumah tangga dengan dua orang anak juga bisa berkreasi dan berinovasi. Tentunya butuh proses panjang yang dilalui,” sambungnya.

Gea April Yuliyana juga memiliki kesan tersendiri selama lima tahun bekerja di AHASS Kosambi Jaya Motor sebagai seorang Service Advisor (SA).

⁠”Bagi saya kesannya sangat menantang untuk saya bisa belajar. Apalagi untuk mengetahui bagian-bagian kedalaman mesin di sepeda motor Honda. Tantangannya juga bagi saya untuk bisa menjelaskan keluhan-keluhan dari konsumen mengenai sepeda motor Honda miliknya,” jelas wanita kelahiran Jakarta, 2 April 2000 ini.

Dukung pengembangan kompetensi wanita
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI mengusung tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju dalam peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023. Selain tema utama tersebut, terdapat empat subtema Hari Ibu 2023. Keempat subtema itu ialah Perempuan Bersuara; Perempuan Berdaya dan Berkarya; Perempuan Peduli; dan Perempuan dan Revolusi.

PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, bersama PT Astra Honda Motor (AHM) konsisten mendukung pengembangan kompetensi wanita di manapun mereka bekerja, termasuk di jaringan bengkel AHASS.

“Sesuai tema Hari Ibu tahun ini, kami mendorong wanita Indonesia meningkatkan daya saing sehingga turut andil dalam memajukan Indonesia. Kami memberikan kesempatan yang sama bagi wanita untuk mengikuti berbagai pelatihan atau program-program pemberdayaan lainnya,” tandas Head of Technical Service Department PT WMS Benedictus F Maharanto.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply