Buat Para Wanita yang Sen kiri Belok Kanan, PT Wahana Makmur Sejati Gelar Safety Riding

Rodagilas.com, Jakarta – Kesetaraan gender antara wanita dan pria, berlaku pada saat mengendarai kendaraan, dengan begitu wanita juga dapat beraktifitas dengan kendaraan roda dua khususnya sa seperti layaknya pria.

Namun dengan begitu masih banyak para wanita yang tidak tau aturan berlalu lintas dengan baik dan benar dan terkadang membahayakan bagi dirinya dan orang lain di sekitarnya seperti sen kiri belok kanan karena lupa menghentikkan lampu seinnya, ada juga yang tidak menggunakan helm karena Ia pikir deket pas dikenakan tilang lebih galak “The Power of Emak-Emak”.

Oleh karena hal itu PT Wahana Makmur Sejati (WMS), _Main Dealer_ sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, menggelar seminar cara berkendara aman (_safety riding_) di Kantor Idemitsu, Jakarta, Minggu (17/12/2023).

Kegiatan ini guna mendorong peran wanita menerapkan _safety riding_ sepeda motor di jalan.

Seminar ini mengusung tema Hidup Penuh Arti Bersama #Cari_Aman. Seminar tersebut dihadiri oleh 80 orang yang terdiri dari _lady bikers_ dan istri komunitas Honda Spacy. Kapolsek Cilandak Kompol Wahid Key tampil sebagai pembicara undangan.

*Menepis stigma negatif*

Menurut Head of Safety Riding Promotion PT WMS Agus Sani, angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor di Indonesia masih tinggi. Tren pengguna sepeda motor wanita di tanah air juga naik.

“Sayangnya, masih ada stigma negatif terhadap pengendara sepeda motor wanita di Indonesia. Idiom yang terkenal, contohnya, ‘sein kanan belok kiri’,” ujar Agus.

Oleh sebab itu, Agus meneruskan, PT WMS dan _stakeholder_ terkait terus berupaya mengikis stigma tersebut dengan mengadakan kegiatan seperti seminar ini.

“Kegiatan-kegiatan edukasi seperti ini harus dilakukan berulang kali agar perilaku _safety riding_ tertanam kuat di alam bawah sadar pengendara sepeda motor,” Agus menegaskan.

*Menginspirasi*

Agus menambahkan, peran serta masyarakat penting agar sikap berkendara #Cari_Aman dapat diterapkan oleh banyak pengendara sepeda motor di jalan. Tak terkecuali bagi pengendara sepeda motor wanita.

“Mereka diharapkan menginspirasi pengendara lain atau khalayak luas” harap Agus. 

Seminar ini merupakan bagian dari edukasi keselamatan berkendara kepada sekitar 1.100 perempuan dari Sabang sampai Merauke. Edukasi ini digagas oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember.

Seminar berlangsung interaktif. Materi edukasi _safety riding_ yang diberikan antara lain _riding gear_ yang sesuai, pola kecelakaan hingga perilaku berkendara tidak aman yang berpotensi dilakukan pengendara.

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply