Porsche 911 GT3 R Menampilkan Design Eksklusif dan Performa Terbaik

Rodagilas.com, Stuttgart – Salah satu fitur khusus dari barang koleksi unik ini, yang hanya diproduksi terbatas sebanyak 77 unit, adalah desain bodi yang khas. Porsche 911 GT3 R rennsport menggabungkan penampilan kuat mobil kompetisi berkinerja tinggi dengan elemen desain modern. Pada saat yang sama, ini menghormati sejarah motorsport produsen mobil olahraga tanpa terjebak dalam tampilan retro. Faktor kinerja dasar dari model GT3 asli, seperti hambatan udara dan downforce aerodinamis, sebagian besar tetap tidak terganggu. Sebagai mobil balap murni, bentuk 911 GT3 R rennsport terus mengikuti fungsi – namun melakukannya dengan cara yang sangat emosional dan menarik.

“The New Porsche 911 GT3 R rennsport menawarkan pengalaman mengemudi mobil balap berbasis nine-eleven dalam bentuk yang mungkin paling mendasar,” kata Thomas Laudenbach, Vice President Motorsport. “Itu membuat Anda merinding setiap kali melihatnya dan menggabungkan teknologi motorsport terbaik dengan bahasa desain yang khas dari Porsche. Dengan kinerja luar biasanya, 911 GT3 R rennsport membuat sejarah merek kami menjadi nyata dan terdengar. Pantas saja kami akan mempersembahkannya kepada komunitas penggemar Porsche yang besar di Rennsport Reunion 7 di Laguna Seca. Ini adalah tawaran eksklusif bagi pelanggan kami yang benar-benar hanya memiliki satu batasan: edisi terbatas sebanyak 77 unit.”

Mobil sport luar biasa ini dirancang oleh Grant Larson dan Thorsten Klein dari tim Style Porsche. “911 GT3 R rennsport akan mengambil tempatnya sebagai penerus logis dari Porsche 935 modern. Sementara 935 secara teknis didasarkan pada 911 GT2 RS Clubsport yang hampir standar, 911 GT3 R rennsport menggunakan dasar 911 GT3 R generasi 992 saat ini. Di bawah kulit karbon yang dirancang ulang secara ekstensif adalah mobil balap tulen,” kata Larson. Thorsten Klein menambahkan: “Kami memberikan model edisi terbatas ini sedikit lebih lebar dan memperpanjang panjangnya secara visual, sambil tetap rendah di atas roda yang dirancang dengan indah. Ini memberikan proporsi yang sempurna dan membuatnya terlihat lebih spektakuler.”

Desain yang khas dengan daya tarik yang kuat dan bagian belakang yang lebar
Secara umum, hanya kap mesin dan atap yang diambil dari GT3 R standar. Semua elemen bodi lainnya telah diubah. Larson dan timnya telah mengadopsi sebagian besar geometri hidung kendaraan yang dioptimalkan secara aerodinamis, termasuk intake dan saluran udara pendingin. Para desainer juga menambahkan aksen visual di sekitar sirip samping dan flics. Mereka sekarang dikelilingi oleh penutup samping dan dilindungi dari kerusakan akibat dampak eksternal. Bentuk yang dimodifikasi secara radikal dari panel masuk dan keluar udara di lengkungan roda depan menggarisbawahi penampilan yang lebih percaya diri. Spion eksterior konvensional telah dihilangkan dan digantikan oleh ekivalen digital. Sistem yang terdiri dari tiga kamera yang terintegrasi ke kulit luar kendaraan dan monitor di kokpit sekarang melakukan tugas ini.

Modifikasi pada bagian belakang mobil balap memiliki karakter yang sangat khas. Sayap belakang yang besar adalah komponen dominan yang menghadap aliran udara. Desainnya mengingatkan pada Porsche 935/77 legendaris, ketika Peter Gregg dari Amerika, bersama dengan Toine Hezemans dari Belanda dan Rolf Stommelen dari Jerman, meraih kemenangan keseluruhan ketujuh untuk Porsche di 24 Jam Daytona pada tahun 1978.

Interpretasi berani di bagian belakang mengembangkan dampak visual yang juga tercermin dalam angka downforce: untuk memastikan bahwa beban pada elemen horizontal tetap dalam batas yang ditentukan dalam standar, mereka telah dilengkapi dengan dua dukungan vertikal tambahan. Dalam hal fungsi, mereka mengingatkan pada mobil balap Porsche 962 Le Mans dan dengan demikian menjembatani kesenjangan antara masa lalu dan sekarang. Bar cahaya yang terdiri dari strip LED halus, yang sekarang memasukkan huruf yang diterangi dari tulisan Porsche, mencirikan bagian belakang yang lebih lebar secara keseluruhan. Satu level di bawahnya, apron belakang yang sebagian besar terbuka menghilangkan penutup dan panel untuk alasan berat. Ini memberikan pandangan yang jelas ke komponen teknis di belakangnya dan oleh karena itu juga sistem knalpot dengan dua pipa ekor yang terletak di tengah.

Klaim desain khusus dari 911 GT3 R rennsport juga tercermin dalam interior yang sedikit dimodifikasi. Monitor dari dua kamera eksterior yang dipasang di fender menyatu secara harmonis ke dalam interior di setiap sisi. Grafis khusus untuk layar pembuka display pusat dan nomor edisi terbatas di panel instrumen telah diberikan bentuk mobil balap, sementara pencahayaan ambient mengadopsi tema lampu depan utama yang dapat diatur warnanya untuk interior. Semua fitur keselamatan sesuai dengan standar FIA yang berlaku. Desain roll cage yang sangat kaku memungkinkan pemasangan kursi pengemudi saja. Seperti yang terjadi dengan 911 GT3 R yang digunakan di seluruh dunia, “rennsport” edisi terbatas ini adalah mobil balap satu tempat duduk.

Dengan penampilan mencolok mereka, velg roda 18 inci dari BBS dalam desain “racing” eksklusif mereka juga menjadi daya tarik mata. Mereka menggabungkan semua persyaratan teknis yang harus dipenuhi oleh roda kompetisi dengan penguncian sentral, termasuk standar desain yang tinggi. Porsche Motorsport melukisnya dalam Dark Silver Metallic sebagai standar.

Konsep Warna Baru dengan Opsi Custom yang Diperluas
Dalam konsep warnanya, 911 GT3 R rennsport sedang menciptakan terobosan baru. Porsche menawarkan barang koleksi baru ini langsung dari pabrik dengan bodi yang dicat dalam Agate Grey Metallic dan bodi berbahan karbon murni. Mobil balap ini akan tersedia langsung dari pabrik untuk pertama kalinya dalam tujuh warna, termasuk Star Ruby dan Signal Orange, misalnya. Selain itu, ada tiga desain pelapisan eksklusif yang tersedia yang membuat kustomisasi lebih lanjut memungkinkan. Thorsten Klein, Project Manager Style Porsche untuk GT3 R rennsport: “Porsche telah dibentuk oleh sejarahnya yang kaya. Ini terutama berlaku dalam balapan. Hal ini kemudian menginspirasi kami, tentu saja, tetapi sama sekali bukanlah niat kami untuk menghasilkan salinan atau catatan retro yang jelas dari sejarah merek ini.”

“Desain Rennsport Reunion” didasarkan pada warna tradisional motorsport dan meluncurkan gelombang melintasi kontur menakjubkan dari permukaan bodi eksterior. Hal ini mengalir dengan cara yang mengingatkan pada kombinasi tikungan Corkscrew yang legendaris di Laguna Seca, tempat yang dipilih untuk debut dunia 911 GT3 R rennsport. Tribut ini menegaskan proporsi kendaraan dan sayap belakangnya, yang lebih ditekankan oleh permukaan karbon yang masih terlihat. Bersamaan dengan pilihan skema cat opsional, mereka umumnya dilapisi dengan lapisan semi-gloss. Dengan skema warna merah dan putih, “Flacht Design” menampilkan warna yang biasa digunakan oleh Porsche Motorsport. Secara visual, khususnya pada fender yang melebar. Istilah “Flacht” didedikasikan untuk wilayah di Porsche Development Centre Weissach, di mana lokasi departemen motorsport berada. Pilihan ketiga adalah “Speed Icon Design”. Ini didasarkan pada nuansa biru yang berbeda, yang fokus terutama pada lebar yang nyata dari kendaraan.

Mesin balap yang lebih bertenaga
Pada dasarnya, 911 GT3 R rennsport didasarkan pada mobil balap GT3 saat ini milik Porsche. Namun, dibandingkan dengan 911 GT3 R generasi 992, model edisi terbatas ini melampaui persyaratan ketat homologasi motorsport atau pembatasan yang diberlakukan oleh “Balance of Performance” (BoP). Tim pengembangan yang mendukung Dr.-Ing. Andreas Singer telah mengubah kebebasan tambahan ini menjadi mobil sirkuit yang lebih emosional dengan banyak penyempurnaan teknis. Ini menggabungkan lebih banyak daya mesin dengan berat yang lebih ringan dan desain yang spektakuler dengan suara yang mengagumkan, mirip dengan 911 RSR. Hasilnya mungkin merupakan alat sirkuit terpanas yang pernah Porsche tawarkan sebagai barang koleksi.

Mesin boxer enam silinder 4,2 liter dari 911 GT3 R, unit tenaga yang berputar hingga 9.400 rpm, sangat menguntungkan dari penghapusan pembatasan yang diberlakukan oleh regulasi: ia mencapai puncak daya hingga 456 kW (620 PS). Ini setara dengan daya sekitar 148 hp per liter volume mesin – kemungkinan rekornya untuk mesin alami yang tidak menggunakan turbo pada mobil balap GT. Maka mesin ini jauh lebih bertenaga dibandingkan dengan unit tenaga asli, yang bisa mengembangkan hingga 416 kW (565 PS) di 911 GT3 R, tergantung pada peringkat BoP. Mesin empat katup berpendingin air dengan injeksi bahan bakar langsung telah dirancang untuk berjalan dengan bahan bakar E25. Ini termasuk bahan bakar bio-etanol dan bahan bakar yang disebut reFuel, selain dari bahan bakar e-fuel yang diproduksi secara regeneratif, yang membuat operasi netral karbon menjadi mungkin. Dengan kecenderungan knocking yang lebih rendah, mereka membuka jalan bagi sudut pengapian yang lebih maju dan peningkatan kompresi dalam enam ruang pembakaran. Piston dan camshaft yang dikembangkan khusus untuk mesin GT3 R rennsport memberikan peningkatan kinerja, terutama saat berjalan dengan bahan bakar E25. Namun, mesin ini juga dapat berjalan dengan bahan bakar konvensional.

Transmisi daya ke roda belakang, termasuk six-speed constant-mesh gearbox, berasal dari 911 GT3 R dengan hanya sedikit modifikasi. Perubahan gigi dilakukan melalui paddle di setir yang mengontrol aktuator pergeseran gigi elektronik. Rasio transmisi gigi keempat, kelima, dan keenam ke depan sesuai dengan pengaturan Daytona mobil balap GT3. Pada gigi keenam, dengan putaran mesin 9.000 rpm, mobil ini memiliki kecepatan tertinggi yang sekitar 20 kph lebih tinggi dibandingkan dengan rasio gigi homologasi FIA yang lebih pendek dari GT3 R.

Pada versi tanpa peredam suara, sistem knalpot balap dengan dua ujung knalpot kembar yang terletak di tengah menawarkan suara mesin yang otentik dan sangat emosional. Dua versi yang lebih tenang yang dilengkapi dengan peredam suara dan katalis tersedia untuk sirkuit balap dengan pembatasan kebisingan.

Chassis ini pada dasarnya juga identik dengan mobil balap GT3. Di poros depan, masih digunakan susunan suspensi double wishbone untuk panduan roda dengan suspensi multi-link yang digabungkan di bagian belakang. Shock absorber balap yang dapat diatur lima arah dari KW memiliki fungsi blow-off. Porsche Motorsport menyediakan pengaturan dasar khusus untuk 911 GT3 R rennsport. Penyesuaian lebih lanjut pada suspensi dapat dilakukan dengan menggunakan shims. Manfaatnya: hal ini memungkinkan penyesuaian yang baik tanpa perlu melakukan pengukuran suspensi yang memakan waktu.

Salah satu poin penjualan unik mobil ini adalah ban balap yang ditawarkan oleh Michelin secara eksklusif untuk pelanggan GT3 R rennsport. Ban ini memiliki konstruksi baru yang terkait dengan tapak kompon baru sehingga menghasilkan pemanasan lebih baik dan kemudahan mengemudi dibandingkan dengan Michelin Pilot Sport M S9 (S9M). Selain itu, desain ban yang dikembangkan khusus pada samping ban ini berpadu sempurna dengan penampilan kendaraan.

Sistem rem balap monoblok aluminium dari AP telah dilengkapi dengan bantalan rem dengan pelat dukungan titanium. Sistem ini mengurangi massa secara total sekitar satu kilogram. Tangki keamanan FT3.5 baru dengan kapasitas 117 liter juga merupakan fitur penghematan berat, karena satu kilogram lebih ringan dibandingkan dengan versi sebelumnya dan di masa depan juga dapat digunakan dalam 911 GT3 R untuk acara balap. Fitur penghematan berat lainnya adalah penghapusan sistem pendinginan udara. Ventilasi untuk pengemudi disediakan oleh konsep pendinginan kursi 911 GT3 R. Secara keseluruhan, para pengembang bertujuan untuk mencapai berat jadi sekitar 1.240 kilogram untuk 911 GT3 R rennsport. Ini akan setara dengan rasio berat-ke-daya sebesar 2,0 kg/PS.

+ There are no comments

Add yours

Leave a Reply